Wednesday 8 August 2018

Pengalaman Mendaftar Haji di Palembang


Assalammualaikum sahabat blogger semua,

Sudah lama gak nulis diblog, hari ini mau sedikit berbagi tentang proses pendaftaran haji, terkhusus untuk kawan2 yang bekerja diluar domisili (alias perantau) yang cuma punya waktu beberapa hari bisa liburan ke kampung halaman.

Sebelumnya saya mau berbagi beberapa artikel mengenai pentingnya rukun islam ke 5 (Haji)

https://kangaswad.wordpress.com/2013/10/01/haji-dulu-atau-beli-rumah/

Dimana intinya Haji adalah kewajiban dari hal lain seperti membeli rumah, dan sebagai orang mukmin yang yakin akan Kuasa Allah, maka sudah sepantasnya kita berprasangka baik, bahwa setelah kita gunakan harta ini dijalan Allah, maka Allah akan datangkan rezeki dari jalan yang tidak diduga-duga.


Oke next kita lanjut mengenai prosedur pendaftaran haji dan syarat2 yang harus dibawa,
Dari pengalaman saya sebelumnya saya sudah baca2 beberapa artikel bahkan webiste kemenag mengenai persyaratan pendaftaran haji, NAMUN, persyaratan itu kembali ke Kanwil masing-masing daerah lho.

Oh iya sebelum kita ke kemenag daerah kita, pertama kita harus ke Bank Syariah yang bisa menerima setoran haji dulu, untuk teman2 wilayah palembang saya sarankan ke bank syariah mandiri, karena posisinya paling dekat dengan kantor agama tempat setor haji.























Nah setelah ke bank syariah nanti langsung bilang saja mau setoran haji, mau langsung bayar cash
Untuk syaratnya seperti digambar berikut


Untuk uangnya bisa kita bawa langsung cash, ataupun transfer dari Bank tabungan kita, tapi pastikan bisa transfer 25juta, kebetulan saya kemarin via transfer, dan alhamdulillah bank saya bisa transfer sampai 25 juta, karena berdua terpaksa saya pakai bank satu lagi untuk transfer, dan saya setor via teller 100ribu untuk masing2 tabungan.
Oh iya tabungan haji ini harus per orang ya, jadi satu orang harus membuat tabungan sendiri-sendiri ya.

Nah setelah selesai membuat tabungan dan telah mendapatkan bukti setoran barulah kita ke kantor agama, berikut syarat2 yang harus dibawa ke kantor kemenag



Nah untuk pas foto jika tidak ada 4x6 boleh pakai 3x4 saja, jadi 3x4 nya 6 lembar, karena pengalaman saya kemarin tidak bawak yang 4x6 boleh pakai 3x4

Setelah melengkapi semuanya, nanti tinggal menunggu antrian dan kita akan difoto, lalu mendapatkan SPPH (Surat Pendaftaran Pergi Haji) dimana disana akan ada nomor porsi haji, maka tinggal menunggu tahun berangkat deh (Sabar ya, puluhan tahun haha)

Nah mudah kan, cukup 1 hari kok, tapi usahakan mulai mengurusnya dari pagi ya, kebetulan saya kemarin mulainya dari siang karena cetak foto selesai siang, jadi sudah masuk injury time waktu ke kemenagnya, udah hampir tutup hehe

Sekian ya sobat, semoga bermanfaat dan kita bisa menjadi haji yang mabrur Insya Allah

0 comments:

Post a Comment